Every Now And Then...

Sunday, July 07, 2013

Some things are bothering me really quick, nowadays.

Gue adalah orang yang jarang menghitung harga barang suatu barang tertentu. Apalagi kalo dalam keadaan berduit, bisa dibilang gue adalah orang yang super impulsif dan konsumtif. Celakanya, apa yang gue beli itu adalah barang-barang yang menurut orang gak penting, padahal buat gue meaningful (walau in the end gue juga gak tau itu barang mau diapain), contohnya barang-barang collectibles kayak action figures, buku/majalah edisi khusus yang memuat semua hal-hal yang gue suka, atau barang-barang collector edition. You guys know that I mustn't spent so much money on all those stuff. Karena kembali lagi, sebenernya semua yang gue beli adalah hal-hal yang gue-yakin-ada-gunanya-padahal-enggak. THIS IS WHY gue sering banget kere dan kehabisan duit buat hal-hal yang lebih penting. Itu celaka banget sih. Gue bisanya ngeluarin duit ekstra buat dua hal: HOBI dan MAKAN. Karena jujur aja, menurut gue pribadi ini biasa aja. Toh hobi bisa memuaskan rohani, sedangkan makan bisa melegakan jasmani. Tapi kalo lo kenal gue banget, ini adalah kebiasaan yang gak sehat samasekali. Temen-temen gue biasanya manggil 'hedon' atau 'jangan liat, awas nanti beli'. Nah orang yang paling brengsek urusan ginian dan jadi pelopor berkumandangnya panggilan hedon ini adalah... Sebut saja Dea.

Tapi sebenernya bukan masalah kekonsumtifan gue yang jadi masalah. Gue udah mengurangi kok. At least I've tried.

Jaman-jaman SD-SMP adalah jamannya gue dan game-game gue lagi berjaya. Diantara semua game yang gue punya, yang paling sering gue mainin adalah: God Of War, GTA, The Sims, sama Harvest Moon. Jaman-jamannya PS 1, gue gak pernah berhenti nyalain PS diem-diem di ruang tamu dan berujung sama kena marah nyokap. PS 2, game pertama yang gue beli adalah The Sims: The Urbz. Dan itu seru banget. Kala itu, The Sims belum terlalu fenomenal dan variannya masih dikit banget seinget gue. Jaman sekarang kan udah menjamur dan setiap tahun pasti keluar versi upgrade-an/barunya. Jaman-jaman PS 2 itulah gue sering banget beli kaset. Hampir tiap hari setiap pulang sekolah, gue pasti mampir ke MTC Karebosi (karena dulu gue tinggal di Sulawesi, dan sekolah gue depan-depanan sama MTC-nya). Terus juga, sebagai anak populer dan ceria, gue dimana-mana main N-Gage yang digantung di leher. Gila, shit happens man.

Tapi sekarang perubahan itu gue rasakan benar...

Sejak PS 2 sudah usang dan gue kurang puas, gue jual terus TT sama DS. Abis itu gue TT lagi sama PSP. Untungnya PSP bisa isi game kan, relain deh harus ngeluarin kocek lebih buat beli MC yang bertenaga dan muat banyak. Dan gue juga bisa isi sendiri gamenya di rumah. Jadi gak perlu repot-repot lagi. Hidup gue sempat tenang untuk dua tahun lamanya. Tapi gue lalai. Gue mengabaikan PSP gue dan lebih sering main game di PC. Akhirnya tanpa sepengetahuan gue, si Joni (nama PSP gue saat itu) DIJUAL KE SODARA. Sama nyokap. Betapa jahatnya. Akhirnya untuk menghibur diri gue selingkuh sama PC. Game-game di PC gue beli, tapi bajakan. Tinggal isi kaset gitu lah istilahnya. Harganya juga murah meriah. 2500/kaset. Tapi biasanya satu game perlu lebih dari 2, so yeah.

Tapi neraka itu lagi-lagi datang...

PC gue pergi karena kena virus. Gue pun beralih ke laptop. Lalu beralih ke lifebook. Satu hal yang bikin gue kecewa sama lifebook adalah karena doi kuat tapi lemah. GPU nya sih oke. Cuma RAM-nya itu lho, bikin gue bertekuk lutut :( Akhirnya gue pensiun. Gue cuma main game-game RPG sederhana aja. Kayak Mad Father, To The Moon, Happy Wheels, The Sims 3, Lucius, dkk. Buat yang lain paling ME 3 ajah, nerusin save-an. Itupun bisa gue mainin di waktu luang aja karena... Yah, 'sibuk' sama sekolah.

~ dan sekarang kita ke inti cerita ~

Dewasa ini, harga kebutuhan pokok makin melunjak. Tapi dengan itu juga, sebenernya kita harus banyak 'dihibur'. Makanya sebenernya kebutuhan tersier itu gak boleh disepelekan. Hiburan gue, ya lo tau kan: film, buku, sama game. Dalam waktu sebulan, pasti gue beli ketiga elemen itu supaya elemen lainnya menjadi satu. Supaya gue tetap kuat. Tapi apa yang terjadi?

1. harga tiket bioskop makin naik, padahal gak ada upgrade apa-apa (all the hail tukang dvd bajakan!)

2. buku harganya segitu-gitu aja, tapi komik naik DRASTIS. Jaman SD gue tiap 2 minggu sekali pasti ke Gramedia nengokin Shonen Star, atau beli komik. Harganya masih murmer banget. 1 komik 9500. SEKARANG? 17.500. Gimana gak sakit ati loe.

3. harga kaset game PS3 ori mahal banget bikin miskin. Bayangin aja 500rb untuk game yang bisa lo mainin berjam-jam dan TAMAT. Sebenernya bisa aja jailbreak/isi game. Cuma pikir deh, kalo lo jailbreak otomatis lo harus rajin-rajin update firmware sama ganti optik (karena game bajakan pasti berefek ke console juga). Ganti optik 900rb. Sekali upgrade 150rb.
Kita kalkulasiin, kalo dalam sebulan karena gue pelajar kere yang belom berpenghasilan, gue beli 1 game ori seharga 500rb. Dalam setahun gw bakal ngabisin 12 x 500rb = 6 juta.
Kalo gw beli bajakan, emang sih gamenya bakal jauh lebih banyak. Tapi 3x upgrade + 1x ganti optik + isi game = 3x150rb + 900rb + 500rb = 1.750rb
Tetep mahal kan itungannya?

Sedih gue baca postingan kali ini. :(

You Might Also Like

0 comments

SUBSCRIBE

Like us on Facebook